Daftar Isi

Posted by : Syah 13 April 2011

PETA DUNIA ABAD KE 2


Keterangan: Peta dunia Ptolemy. 150 AD.
Claudius Ptolemaeus, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Ptolemeus, adalah seorang ahli matematika, geografi, astronom dan astrolog yang hidup dalam budaya Helenistik Romawi Mesir. Salah satu karya utamanya adalah miliknya Geographia, sebuah kompilasi dari apa yang diketahui tentang geografi dunia dalam Kekaisaran Romawi pada waktunya.
Peta rekonstruksi ini dibuat pada abad 15.



 PETA DUNIA ABAD KE 4

Keterangan: The Tabula Peutingeriana
Peta dunia dijaman Romawi kuno ini menunjukkan jaringan jalan di Kekaisaran Romawi pada abad ke-4 dan meliputi Eropa, sebagian Asia (India) dan Utara-Afrika.


PETA DUNIA ABAD KE 6

Keterangan: Peta Dunia oleh Cosmas Indicopleustes disekitar tahun 550.
Cosmas adalah seorang biarawan Yunani dari Alexandria dan melakukan perjalanan beberapa kali ke India sebagai pedagang. Ia msih memiliki pandangan bahwa dunia itu datar.


PETA DUNIA ABAD KE 7
Keterangan: Peta T-O dari abad ke-7, awal Abad Pertengahan, dengan deskripsi dunia menurut para Etymologiae dari Isidore dari Sevilla, yang adalah Uskup Agung Sevilla / Spanyol selama lebih dari tiga dekade.


PETA DUNIA ABAD KE 11

Keterangan: "Cotton" dari peta dunia Anglo-Saxon (c. 1040) muncul dalam salinan karya klasik pada geografi (British Library, Cotton MSS, Tib B. V, folio 56..)

Keterangan: Dunia peta Mahmud al-Kashgari. Peta dunia Turcocentric diterbitkan di al-Kashgari "Compendium of the languages of the Turks" (Kompilasi dari bahasa Turki) pada abad ke-11. Peta berorientasi dengan timur di bagian atas dan menunjukkan bahwa dunia dikelilingi oleh lautan.


PETA DUNIA ABAD KE 12

Keterangan: Peta dunia yg dibuat pada 1190 oleh Honorius teolog Jerman atau Burgundi Augustodunenesis, juga dikenal sebagai Honorius dari Autun.

Keterangan: Al Idrisi peta dunia.
Dibuat oleh pembuat peta Arab dan geografi Abu Abd Allah Muhammad al-Idrisi tahun 1154 di bawah istana Raja Roger II dari Sisilia.
Perhatikan bahwa selatan adalah di bagian atas peta.

Keterangan: Peta dunia dari biksu Beato Italia di Liebana.


PETA DUNIA ABAD KE 13

Keterangan: "Psalter World Map" (Peta Dunia Psalter / 'Doa') adalah Peta T-O yg lbih terperinci yg digambar oleh pengarang yang tidak dikenal sekitar 1260.


PETA DUNIA ABAD KE 14
eropa

timur tengah

asia timur

Keterangan: The Catalan Atlas diproduksi tahun 1375 oleh kartografer Majorcan Abraham dan Jehuda Cresques dan merupakan peta dunia yang paling penting pada Abad Pertengahan Catalan. Peta dunia ini pada awalnya dbuat dari berbagai daun.

Keterangan: Peta dunia yg dibuat sekitar tahun 1420 oleh kartografer Pietro Italia Vesconte.

Deskripsi: Peta dunia dari penulis sejarah Inggris dan biarawan Benediktin Ranulf Higdon, yang diterbitkan pada akhir abad ke-14.


PETA DUNIA ABAD KE 15

Keterangan: Peta dunia T-O berdasarkan pandangan dunia abad pertengahan dari Spanyol Uskup Agung Isidore dari Sevilla (c. 560-636), yang diterbitkan antara 1459-1463 di La Fleur des Histoires oleh Jean Mansel.

Keterangan: Peta Dunia dari pembuat peta Jerman, Andreas Walsperger, dibuat pada tahun 1448.

Keterangan: "Columbus Map" yang mungkin diambil oleh Christopher Columbus dan saudaranya Bartolomeo di Lisbon sekitar 1490 sebelum penemuan Dunia Baru, menunjukkan dunia yang dikenal di zaman mereka.


PETA DUNIA ABAD KE 16
[img]
Sebenarnya bnyk bermunculan pembuat peta dan geografer yg muncul, ttapi ane hanya mmberikan 3 contoh saja yah gan ..http://cdn-u.kaskus.us/2/tpzkhqxt.jpg[/img]
Keterangan: World map yang dibuat oleh Laurent Fries, dgn ukiran kayu 1522.
utara

selatan

Keterangan: Peta dunia belahan bumi Utara dan Selatan yg diterbitkan pada tahun 1593 oleh pembuat peta Belanda dan pemahat Gerard de Jode.


PETA DUNIA ABAD KE 18

Keterangan: Peta dunia dari tahun 1707 dibuat oleh Guillermo geografi Perancis Delisle (1675-1726)

Keterangan: Peta dunia dari geografi Jerman dan pembuat peta Johann Baptist Homann, diterbitkan di Nürnberg 1707.

Keterangan: Peta dunia Perancis Nicolas de Fer, yang diterbitkan pada tahun 1722.


PETA DUNIA ABAD KE 19

Keterangan: Peta dunia Belanda dari Otto Petri, diterbitkan pada tahun 1860.


PETA T-O

Peta T-O (Orbis terrae, bola atau lingkaran bumi), adalah jenis peta dunia mediaval dan gambaran paling awal yg dikenalkan Beatur dari Liébana, seorang biarawan abad ke-8 Spanyol. T adalah Mediterania, membagi tiga benua, Asia, Eropa dan Afrika, dan O adalah Samudra mengelilingi. Yerusalem umumnya diasumsikan terletak pada pusat lingkaran. Peta T-O tetap menjadi gambaran umum setidaknya hingga abad ke-7.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Total Tayangan Halaman

Chat

Popular Post

Followers

Flag Counter

free counters

- Copyright © 2013 Sisi lain -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -